Langsung ke konten utama

MPPL D 2019 - Tugas 1 - Pinterest

Deskripsi

Pinterest adalah media sosial yang tersedia dalam bentuk website maupun aplikasi mobile untuk mencari informasi dalam bentuk gambar (image), ataupun GIFs dan video. Inti dari Pinterest adalah menemukan ide, atau Pins, dengan rekomendasi berdasarkan minat, serta yang disimpan oleh orang yang diikuti di Pinterest. CEO dari Pinterest, Ben Silbermann, menyatakan Pinterest sebagai "katalog ide yang menginspirasi pengguna untuk keluar dan melakukan berbagai hal" daripada sebagai jejaring sosial biasa berbasis gambar.

Fitur

Pinterest sebagai media sosial berbasis gambar menyediakan berbagai fitur, sebagai berikut:
  1. Pins
    • Pin adalah ide-ide dari pengguna Pinterest yang disimpan dari website lain. Setiap Pin akan ditautkan kembali ke website asalnya. Pins yang disimpan pada user board dapat disimpan ke board user lain, proses ini disebut "repinning".
  2. Boards
    • Boards adalah koleksi pin yang disimpan oleh user. User dapat mengajak user lain di Pinterest untuk berkolaborasi di board tersebut untuk mengembangkan ide. 
  3. Home Feed
    • Home feed adalah tempat bagi user untuk menemukan Pins, orang, atau brand rekomendasi berdasarkan dari aktivitas user. Home feed juga menampilkan orang, topik, dan board yang telah diikuti oleh user.
  4. Exploring
    • Pinterest memperkenalkan fitur baru bernama "Guided Search", dimana kata kunci yang diberikan akan menuju ke koleksi Pin dari user, board, atau topik tertentu. Pada halaman utama Pinterest, "pin feed" akan muncul yang menampilkan aktivitas dari papan Pinterest lain yang diikuti user.
  5. Following
    • "home feed" dari user akan berisi konten dari mengikuti user dan board lain. User dapat mengikuti atau berhenti mengikuti user lain ataupun board lain yang tersedia.

Korporasi

Tipe bisnis yang dijalankan berupa sektor privat dengan pendirinya adalah Ben Silbermann, Paul Sciarra, dan Evan Sharp. Kantor pusat Pinterest terletak di San Fransisco, California, Amerika Serikat. Pinterest telah memiliki lebih dari 800 pekerja untuk menjalankan Pinterest. Berikut adalah tim utama dari Pinterest:


Budget

Berdasarkan website Crunchbase, hingga saat ini Pinterest telah mengumpulkan total $1.5 Billion dalam pendanaan sebanyak 15 putaran. Berikut adalah tabel dari pendanaan tersebut:
Pinterest - Funding Rounds (CrunchBase)
Pinterest memiliki pendapatan $500M pertahun. Pinterest bersaing dengan Instagram, Snap, dan Path. Berdasarkan Arberdeen, Pinterest diproyeksikan akan membutuhkan $13.4M di bidang IT.

Lama Pembuatan

Konsep pertama Pinterest dibuat pada bulan Desember 2009 oleh para pendirinya. Prototipe pertama dirilis pada Maret 2010 dan digunakan pertama oleh sekelompok kecil kolega dan anggota keluarga. Hingga pertengahan tahun 2011, Silbermann dan beberapa programmer lain menjalankan website tersebut di apartemen kecil.
Aplikasi Pinterest yang tersedia di iPhone dirilis Maret 2011 dan aplikasi iPad dirilis Agustus 2011. Pinterest Mobile yang dirilis September 2011 dijadikan versi mobile website.

Bahasa Pemrograman

Dengan jumlah user aktif sebanyak 250.000.000 juta user per bulan, Pinterest menggunakan:
  • Frontend (Client-side) : Javascript
  • Backend (Server-side) : Django, Erlang
  • Framework: Flask
  • Database : MySQL, Redis

Sumber



Komentar

Postingan populer dari blog ini

MPPL D - Manajemen Biaya

Manajemen Biaya KAK yang digunakan sebagai acuan adalah:  Aplikasi Kepegawaian Tahun 2012 Work Breakdown Structure Manajemen Biaya Manajemen biaya pdf from NatashaVal